Di dalam proses mencar ilmu mengajar, guru harus mempunyai strategi, semoga siswa sanggup mencar ilmu secara efektif dan efisien, mengena pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk mempunyai taktik itu ialah harus menguasai model dan teknik-teknik penyajian, atau biasanya disebut model pembelajaran dan metode pembelajaran.
Dalam kenyataan, cara atau metode mengajar atau teknik penyajian yang dipakai guru untuk memberikan informasi atau massage lisan kepada siswa tidak sama dengan cara yang ditempuh untuk memantapkan siswa dalam menguasai pengetahuan, keterampilan serta sikap. Metode yang dipakai untuk memotivasi siswa semoga bisa memakai pengetahuannya untuk memecahkan kasus yang dihadapi ataupun untuk menjawab suatu pertanyaan akan tidak sama dengan metode yang dipakai untuk tujuan semoga siswa bisa berpikir dan mengemukakan pendapatnya sendiri di dalam menghadapi segala persoalan.
Dalam kenyataan, cara atau metode mengajar atau teknik penyajian yang dipakai guru untuk memberikan informasi atau massage lisan kepada siswa tidak sama dengan cara yang ditempuh untuk memantapkan siswa dalam menguasai pengetahuan, keterampilan serta sikap. Metode yang dipakai untuk memotivasi siswa semoga bisa memakai pengetahuannya untuk memecahkan kasus yang dihadapi ataupun untuk menjawab suatu pertanyaan akan tidak sama dengan metode yang dipakai untuk tujuan semoga siswa bisa berpikir dan mengemukakan pendapatnya sendiri di dalam menghadapi segala persoalan.
Model dan Metode pembelajaran berbasis masalah (Problem Solving) digunakan dalam pembelajaran yang membutuhkan balasan atau pemecahan masalah. Sebagai metode pembelajaran, metode pembelajaran berbasis masalah sangat baik bagi training sikap ilmiah pada siswa. Dengan metode ini, para siswa mencar ilmu memecahkan suatu kasus berdasarkan mekanisme kerja ilmiah.
Jika Anda ingin mempelajari lebih mendalam model dan metode pembelajaran yang lain, Silahkan baca (disini)
================================================
================================================
1. Pengertian Metode Pemecahan Berbasis Masalah
Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada awalnya dipergunakan pada Program Studi Kedokteran di Mc Master University Canada (seki -tar tahun 1960). PBM dipraktikkan pada mahasiswa kedokteran yang sedang praktik, yang dituntut untuk bisa memmenolong dan menemukan solusi untuk menuntaskan kasus kesehatan yang dihadapi masya -rakat secara langsung. Pola mencar ilmu ini menimbulkan mahasiswa tergerak untuk belajar, melaksanakan kajian, diskusi dan curah pendapat untuk sanggup menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Selanjutnya pola mencar ilmu ini diikuti oleh aneka macam jadwal studi di Amerika, Eropa, Asia dan Australia dengan kajian terhadap kasus sesuai dengan studinya masing-masing.
Model pembelajaran berbasis masalah atau lebih spesifik Metode pembelajaran berbasis masalah (Problem Solving) menurut Sudirman, dkk. (1991 : 146) yakni cara penyajian materi pelajaran dengan menimbulkan kasus sebagai titik tolak pembahasan untuk dianalisis dan disintesis dalam perjuangan mencari pemecahan atau jawabannya oleh siswa.
Metode pembelajaran berbasis masalah atau metode pembelajaran berbasis masalah (Problem Solving) ini sering dinamakan atau disebut juga dengan eksperimen method, reflective thinking method, atau scientific method (Sudirman, dkk., 1991 : 146).
Pembelajaran berbasis kasus (PBM) bersandar pada teori mencar ilmu kognitif-konstruktivistik. Vygotsky menekankan perhatiannya pada hakikat sosial dari pembelajaran. Dalam belajar, siswa akan lebih gampang menemukan dan memahami konsep-konsep yang sulit apabila mere -ka berbicara dengan sobat lain mengenai problemnya. Tidak satu pun sanggup memecahkan kasus sendiri. Kerja kelompok memmenolong siswa pada suatu pemecahan, pengalaman mendengarkan inspirasi orang lain, mencoba dan selanjutnya mendapatkan balikan untuk pemecahan.
Berdasarkan pada beberapa pendapat ihwal Pembelajaran Berbasis kasus disimpulkan bahwa Pembelajaran Berbasis Masalah yakni acara pembelajaran yang memfokuskan pada identifikasi serta pe mecahan asalah nyata, praktis, kontekstual, berbentuk kasus yang strukturnya tidak terang atau belum terang solusinya (ill-structured) atau open ended yang ada dalam kehidupan siswa sebagai titik sentral kajian untuk dipecahkan melalui mekanisme ilmiah dalam pembelajaran, yang kegiatannya biasanya dilaksanakan secara berkelompok.
Masalah yang dimaksudkan di sini yakni masalah-masalah yang ada dan dialami oleh siswa dalam kehidupan sehari-harinya, sesuai dengan substansi kompetensi dasar mata pelajaran masing-masing, misalnya masalah kenakalan remaja, pelanggaran disiplin, kepatuhan terhadap tata tertib, penyalahgunaan narkoba, pelanggaran norma, kemiskinan, sikap sehat, komunikasi dengan sesama, mengekpresikan seni dan hobi, dan sebagainya.
Pembelajaran Berbasis Masalah menuntut siswa memakai pengetahuan yang dimilikinya untuk diimplementasikan, dipergunakan dalam menuntaskan aneka macam kasus dalam kehidupan sehari-harinya, mencari pengetahuan untuk menuntaskan kasus serta me -ngembangkan sikap dan keterampilan intelektual untuk bekerjasama, berbagi, peduli, rasa ingin tahu, dan saling menghargai sesamanya.
Berdasarkan modul petes dan latihan Kurikulum 2013. Pembelajaran berbasis masalah dikelompok dalam 4 jenis Model Pembelajaran yang wajib dikuasai guru. Pengertian model Pembelajaran Berbasis Masalah disini diartikan sebagai pembelajaran yang memakai kasus faktual dalam kehidupan sehari-hari (otentik) yang bersifat terbuka (open-ended) untuk diselesaikan oleh akseptor didik untuk mengembangkan keterampilan berpikir, keterampilan menuntaskan masalah, keterampilan sosial, keterampilan untuk mencar ilmu mandiri, dan membangun atau memperoleh pengetahuan baru. Pembelajaran ini tidak sama dengan pembelajaran konvensional yang jarang memakai kasus faktual atau memakai kasus faktual khusus di tahap simpulan pembelajaran sebagai penerapan dari pengetahuan yang telah dipelajari. Pemilihan kasus faktual tersebut dilakukan atas pertimbangan kesesuaiannya dengan pencapaian kompetensi dasar.
Dengan demikian, Model atau Metode pembelajaran berbasis kasus atau metode pemecahan kasus (Problem Solving) adalah sebuah metode pembelajaran yang berupaya membahas permasalahan untuk mencari pemecahan atau jawabannya. menyerupai yang metode mengajar, metode pemecahan kasus sangat baik bagi training sikap ilmiah pada para siswa. Dengan metode ini, siswa mencar ilmu memecahkan suatu kasus berdasarkan mekanisme kerja metode ilmiah.
Gambaran langkah-langkah metode Pembelajaran Berbasis Masalah atau Metode Problem Solving |
2. Langkah-langkah Metode pembelajaran berbasis masalah
Dalam garis besarnya langkah-langkah metode pembelajaran masalah (problem solving) dapat disarikan sebagai berikut:
a. Adanya kasus yang dipandang penting;
b. Merumuskan masalah;
c. Analisa hipotesa;
d. Mengumpulkan data;
e. Analisa data;
f. Mengambil kesimpulan
g. Aplikasi (penerapan) dari kesimpulan yang diperoleh; dan
h. Menilai kembali seluruh proses pemecahan kasus (Depdikbud, 1997: 23).
Adapun langkah-langkah pembelajaran berbasis kasus yang ditemukan dalam buku Panduan Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama versi 2018 yakni sebagai berikut:
1. Klarifikasi Masalah
2. Brainstorming
3. Pengumpulan Informasi dan data
4. Berbagi Informasi dan berdiskusi untuk menemukan penyelesaian masalah
5. Presentasi hasi penyelesaian masalah
6. Refleksi.
Sedangkan langkah-langkah PBM mennurut pendapat Arends (2012) dan Fogarty (1997). adalah sebagai berikut :
1. Klarifikasi Masalah
2. Brainstorming
3. Pengumpulan Informasi dan data
4. Berbagi Informasi dan berdiskusi untuk menemukan penyelesaian masalah
5. Presentasi hasi penyelesaian masalah
6. Refleksi.
Sedangkan langkah-langkah PBM mennurut pendapat Arends (2012) dan Fogarty (1997). adalah sebagai berikut :
Tahap | Deskripsi |
Tahap 1 | Guru menyajikan kasus faktual kepada akseptor didik. |
Tahap 2 | Guru memfasilitasi akseptor didik untuk memahami kasus faktual yang telah disajikan, yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu mereka ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menuntaskan masalah. Peserta didik menyebarkan peran/tugas untuk menuntaskan kasus tersebut. |
Tahap 3 | Guru membimbing akseptor didik melaksanakan pengumpulan data/informasi (pengetahuan, konsep, teori) melalui aneka macam macam cara untuk menemukan aneka macam alternatif penyelesaian masalah. |
Tahap 4 | Guru membimbing akseptor didik untuk menentukan penyelesaian kasus yang paling sempurna dari aneka macam alternatif pemecahan kasus yang akseptor didik temukan. Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah, contohnya dalam bentuk gagasan, model, bagan, atau Power Point slides. |
Tahap 5 | Guru memfasilitasi akseptor didik untuk melaksanakan refleksi atau penilaian terhadap proses penyelesaian kasus yang dilakukan. |
Secara Sederhana langkah penerapan Model Pembelajaran Berbasis masalah dalam acara mencar ilmu mengajar yakni sebagai berikut: 1) Siswa dimenolong guru mempersiapkan dan merumusakan kasus yang akan diteliti, 2) Siswa mencoba menentukan alternatif pemecahan kasus tersebut; 3) Siswa mengumpulkan informasi sesuai alternatif permasalahan yang telah ditetntukan; 4) siswa menciptakan simpulan; 5) siswa mempersentasikan simpulan tersebut. Dengan cara tersebut diharapkan belum dewasa didik untuk berpikir dan bekerja sesuai dengan prinsip-prinsip ilmiah. Metode ini lebih sempurna dipakai di kelas tinggi.
Sebenarnya secara lengkap penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran PPKn sanggup mengikuti alur model pembelajaran portofolio yang pernah diusung oleh Bpk. Dasim Budimansyah.
Sebenarnya secara lengkap penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran PPKn sanggup mengikuti alur model pembelajaran portofolio yang pernah diusung oleh Bpk. Dasim Budimansyah.
Contoh dan Penjelasan Kegiatan Identifikasi dan Perumusan Masalah dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah |
Contoh dan Penjelasan Kegiatan Menentukan Alternatif Pemecahan Masalah dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah |
Contoh dan Penjelasan Kegiatan Mengumpulkan Data dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah |
Contoh dan Penjelasan Kegiatan Mengumpulkan Data dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah |
Contoh dan Penjelasan Kegiatan Membuat Rumusan Hasil Pengumpulan Data dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah |
Contoh dan Penjelasan Kegiatan Presentasi Hasil dalam Penerepan Model Pembelajaran Berbasis Masalah |
Sedangkan berdasarkan Nahrowi Adjie dan Maulana (2006 : 46-51) langkah-langkah penyelesaian kasus antara lain adalah; (1) memahami soal, (2) menentukan pendekatan atau strategi, (3) menuntaskan model, dan (4) menafsirkan solusi.
Pada prinsipnya ketiga langkah penyelesaian kasus di atas yakni sama, khusus saja pendapat yang ketiga lebih cenderug mengarah pada pembelaran matematika. Bagi Anda guru matematika saya sarankan Anda menggunakan langkah-langkah penyelesaian kasus matematika menyerupai dikemukakan oleh Nahrowi Adjie dan Maulana, sebab lebih sederhana dan gampang dipahami.
3. Kelebihan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah / Problem Solving
Kelebihan Menggunakan Metode pembelajaran Berbasis Masalah atau Metode Problem Solving
1. Dengan Metode / Model Pembelajaran berbasis masalah atau Metode Problem Solving akan terjadi pembelajaran bermakna. Peserta didik/mahapeserta didik yang mencar ilmu memecahkan suatu kasus maka mereka akan menerapkan pengetahuan yang dimilikinya atau berusaha mengetahui pengetahuan yang diperlukan. Belajar sanggup semakin bermakna dan sanggup diperluas saat akseptor didik berhadapan dengan situasi di mana konsep diterapkan.
2. Dalam situasi Metode / Model Pembelajaran Masalah atau Metode Problem Solving, akseptor didik mengintegrasikan pengetahuan dan ketrampilan secara simultan dan mengaplikasikannya dalam konteks yang relevan.
3. Metode / Model Pembelajaran Masalah atau Metode Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, menumbuhkan inisiatif akseptor didik didik dalam bekerja, motivasi internal untuk belajar, dan sanggup mengembangkan kekerabatan interpersonal dalam bekerja kelompok.
Contoh dan Penjelasan Penerapan metode / Model Pembelajaran Berbasis Masalah atau Metode Problem Solving |
Metode / Model Pembelajaran Berbasis Masalah ini memiliki kecocokan terhadap konsep penemuan pendidikan bidang keteknikan, terutama dalam hal sebagai berikut :
1. peserta didik memperoleh pengetahuan dasar (basic sciences) yang berkhasiat untuk memecahkan kasus bidang keteknikan yang dijumpainya;
2. peserta didik mencar ilmu secara aktif dan berdikari dengan sajian materi terintegrasi dan relevan dengan kenyataan sebenarnya, yang sering disebut student-centered;
3. peserta didik bisa berpikir kritis, dan mengembangkan inisiatif.
Berikut yakni beberapa pola kasus faktual yang sanggup dipakai dalam Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kemasyarakatnegaraan (sumber materi petes dan latihan kurikulum 2013)
- Di beberapa kawasan perbuatan mencoral-coret dinding tembok dengan memakai kata-kata yang tidak sopan sering dijumpai. Hal tersebut merusak pemandangan kampung dan menimbulkan wilayah tersebut terkesan kumuh. Bagaimanakah menuntaskan kasus tersebut?
- Perilaku membuang sampah di susukan air atau di sungai seperti menjadi sikap yang biasa saja. Padahal di Indonesia mempunyai undang-undang ihwal lingkungan hidup. Bagaimana penyelesaian kasus sikap membuang sampah sembarangan tersebut ditinjau dari undang-undang lingkungan hidup atau peraturan perundang-undangan yang lain?
- Wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal dari NKRI berbatasan dengan negara-negara tetangga. Pembangunan di wilayah tersbut belum memadai dan masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut merasa tidak diperhatikan oleh Pemerintah RI. Bagaimana sebaiknya wilayah tersebut dikembangankan dan dibangun?
Jika Anda ingin mempelajari lebih mendalam model dan metode pembelajaran yang lain, Silahkan baca (disini)
Bahan Bacaan:
Depdikbud. (1997). Pokok-pokok Pengajaran Biologi dan Kurikulum 1994. Jakarta: Depdikbud.
Meier, Dave (2005). The Accelerated Learning Hand Book. (Terjemahan) Bandung: Kaifa.
Roestiyah N.K. (1998). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rukmana, Ade dan Suryana, Asep. ( 2006). Pengelolaan Kelas. Bandung: UPI Press.
Saud, Udin Saefudin dan Suherman, Ayi. (2006). Inovasi Pendidikan. Bandung: UPI Press.
Sadirman, N . dkk. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta
Sadirman, N . dkk. 1991 Ilmu Pendidikan. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Uzer, Moh. Usman dan Setiawati, Lilis. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar (Bahan Kajian PKG, MGBS, MGMP). Bandung: Rosdakarya.
Popham, W. James dan Baker, Eva L. (2001). Establising Instructional Gools and Systematic Intruction .Teknik Mengaajar Secara Sistematis. (Terjemahan). Jakarta: Rineka Cipta.